Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Rabu, 05 Oktober 2016

Pengertian Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan Perumput dan Detritus

Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Rantai makanan dibedakan menjadi rantai makanan perumput dan rantai makanan detritus. Antarsesama komponen terjadi interaksi intraspesifik maupun interaksi interspesifik, seperti predasi, kompetisi, simbiosis, maupun netral. Daur biogeokimia memiliki peranan penting dalam menjaga ketersediaan suatu unsur  atau senyawa kimia dalam ekosistem.Daur biogeokimia meliputi daur nitrogen (N), fosfor (P), karbon (C) dan oksigen (O), belerang (S) dan daur air (H2O). Tiap komponen dalam ekosistem memiliki peranan yang khas dan terkait satu sama lain.


1. Rantai Makanan

Perpindahan materi dan energi dalam ekosistem berlangsung melalui serangkaian organisme. Organisme konsumen, baik herbivora, karnivora, maupun omnivora, serta detritivor dan dekomposer berperan penting dalam proses tersebut. Demikian pula produsen sebagai pihak yang menyediakan energi kimia bagi konsumen. Proses perpindahan materi dan energi melalui serangkaian organisme dalam peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu yang berlangsung satu arah dinamakan rantai makanan. Tiap-tiap kedudukan dalam rantai makanan disebut tingkat trofi. Dalam rantai makanan tingkat trofi pertama tidak selalu ditempati oleh produsen. Oleh karena itu ada beberapa macam rantai makanan ditinjau dari komponen yang menduduki tingkat trofi pertamanya, yaitu sebagai berikut.

a. Rantai makanan perumput
Jika kedudukan tingkat trofi pertamanya ditempati produsen.

Contohnya: padi o tikus o ular o elang Pada contoh tersebut tingkat trofi pertamanya padi (produsen), tingkat trofi kedua tikus (konsumen pertama),  tingkat trofi ketiga ular (konsumen kedua), dan tingkat trofikeempat ditempati oleh elang (konsumen ketiga).


b. Rantai makanan detritus
Jika kedudukan tingkat trofi pertamanya ditempati olehdetritus.

Contoh: kayu lapuk o rayapo ayam o elang Pada contoh rantai makanan di atas tingkat trofi pertamanya ditempati oleh kayu lapuk (detritus), tingkat trofi keduanya rayap (detritivor), tingkat trofi ketiga ditempati ayam  (konsumen kedua), dan tingkat trofi keempat ditempati olehelang (konsumen ketiga).


2. Jaring-Jaring Makanan

Dalam ekosistem tiap trofi dapat dimakan atau memakan lebih dari satu organisme pada tingkat trofi yang lain. Dari hal tersebut dimungkinkan terjadi proses makan dan dimakan dengan rangkaian yang kompleks. Bila beberapa rantai makanan saling berhubungan terbentuk jalinan yang kompleks akan membentuk jaring-jaring makanan (perhatikan Gambar 9.5). Jadi, jaring-jaring makanan merupakan kumpulan dari beberapa rantai makanan yang saling berhubungan.

Pengertian Rantai Makanan
Gambar 9.5 Contoh jaring-jaring makanan

Pengertian Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan Perumput dan Detritus Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

1 comments:

  1. Bermanfaat sekali artikelnya. Banyak contoh rantai makanan dapat kita temukan di sekitar kita.

    BalasHapus