Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Selasa, 13 September 2016

Sejarah Renang dan Prosedur Keselamatan Berenang

Sejarah Renang - Renang telah dikenal sejak zaman prasejarah. Fakta sejarah menyebutkan bahwa lukisan dari zaman batu telah ditemukan di dalam "gua para perenang" dekat Wadi Sora (atau Sura) dibagian Barat-Daya Mesir dekat Libya. Pada gambar-gambar tersebut terdapat gaya dada atau gaya anjing mengayuh. Meskipun gambar tersebut mungkin berkaitan dengan prosesi ritual yang artinya tidak ada kaitannya dengan renang.


Selain itu, hampir semua kebudayaan kuno yang pernah hidup di dunia, ditemukan gambar-gambar atau keterangan-keterangan bahwa di daerah tersebut telah mengenal aktivitas berenang. Misalnya, di stempel lilin Mesir yang bertanggal antara 4000 dan 9000 tahun SM gambar timbul Babilonia, gambar timbul Nagoda yang berangka tahun 3000 tahun SM, di Istana Indian Mohenjo Daro dari 2800 tahun SM, Istana Minoan Minos of Knossos di Kreta, serta makam kuno Mesir dari 2000 tahun SM.

Renang sejak dulu sudah dijadikan keterampilan yang wajib dimiliki oleh para prajurit. Di Jepang, renang merupakan salah satu keahlian terhormat Samurai. Cerita rakyat Jerman menjelaskan tentang renang yang dengan sukses digunakan dalam perang melawan bangsa Roma, bahkan ksatria pada abad pertengahan harus bisa berenang dengan menggunakan baju zirah yang terbuat dari besi.

Tahun 1603, organisasi renang pertama dibentuk di Jepang. Kaisar  Go-Yozei dari Jepang menyatakan bahwa murid sekolah harus dapatberenang. Pada tahun 1908, asosiasi renang sedunia dibentuk dan diberi nama FINA (Federation Internationale de Natation de Amateur).

Prosedur Keselamatan Berenang

Renang merupakan aktivitas yang dilakukan di dalam air. Tidak semua orang menguasai teknik menyelamatkan diri ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, langkah pertama ialah berlatih. Kemudian, mengetahui perlengkapan dan peralatan yang digunakan serta tata tertib keselamatan. Walaupun adanya tata tertib, keselamatan di kolam renang belum menjamin. Hal tersebut kembali lagi kepada  individunya masing-masing, betapa penting prosedur keselamatan selamaberada di kolam renang.

1. Peralatan dan perlengkapan
  • Pelampung (dapat berbentuk ban atau papan), berfungsi untuk membantu penyelamatan di kolam. Selain itu, dapat membantu proses pembelajaran siswa saat berada di dalam kolam.
  • Masker atau goggles (kacamata), berfungsi untuk melindungi mata agar tidak terkena air.
  • Pelampung kaki bertali (deep-float), berfungsi untuk menjaga posisi kaki agar tetap berada di atas permukaan air.

Gambar Peralatan Renang

2. Tata tertib keselamatan
Tata tertib di kolam renang berfungsi untuk menjaga ketertiban dan keselamatan di kolam  renang. Oleh karena itu, patuhi semua tata tertib yang ada dikolam renang. Berikut beberapa tata tertib keselamatan selama berada di kolam renang.
  • Tidak bermain-main di pinggir kolam renang karena permukaan pinggir kolam biasanya licin sehingga mengakibatkan kecelakaan seperti terpeleset.
  • Lakukan renang bersama teman. Khusus untuk anak kecil harus didampingi orangtua supaya dapat terawasi dan menjaganya pada saat berenang sehingga dapat terhindar dari kecelakaan seperti tenggelam.
  • Hindari berenang sambil makan atau setelah makan, karena akan mengakibatkan gangguan saluran pernapasan. Aktivitas renang yang baik dilakukan satu jam setelah makan.
  • Identifikasi tempat yang akan digunakan untuk berenang.

 Prosedur Keselamatan Berenang
Gambar Berenang sekeluarga

Sejarah Renang dan Prosedur Keselamatan Berenang Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar