Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Rabu, 03 Agustus 2016

Prinsip Holistik dalam Memahami Unsur-Unsur Kultural Universal

Prinsip Holistik dalam Memahami Unsur-Unsur Kultural Universal


Pengertian Kultural universal merupakan acuan bagi para antropolog dalam menyusun laporan etnografi setelah kembali atau sebelum melakukan penelitian ke lapangan. Ketika seorang antropolog hendak melakukan penelitian lapangan maka ia akan mulai mendeskripsikan masyarakat yang diteliti melalui konsep kultural universal tersebut. Oleh karena itu, deskripsi yang dihasilkan merupakan gambaran lengkap mengenai kehidupan suatu masyarakat tertentu di dalam sistem bahasa, agama, organisasi sosial, sistem pengetahuan teknologi, ekonomi, dan keseniannya. Selanjutnya, perhatian para antropolog hanya berpusat pada salah satu unsur budaya masyarakat yang diteliti disertai dengan analisis yang komprehensif. 

Konsep holistik menjadi salah satu ciri khas dalam penelitian antropologi untuk menyusun etnografi suatu suku bangsa atau suatu masyarakat tertentu. Pengertian holistik adalah memahami keterkaitan antara satu unsur dengan unsur yang lain dalam sebuah kesatuan kebudayaan. Untuk menyusun etnografi berdasarkan atas unsur-unsur kultural universal tersebut maka harus dicari salah satu unsur yang berkaitan dan saling melengkapi unsur yang lain dalam kebudayaan.


Berdasarkan konsep holistik suatu unsur pengetahuan yang berkembang di dalam masyarakat Jawa akan berhubungan dengan sistem mata pencaharian seperti pertanian atau nelayan karena adanya sistem pranatamangsa di dalam masyarakat Jawa. Selanjutnya, teknologi berkaitan dengan sistem pengetahuan manusia karena semakin kompleks suatu hasil karya teknologi berdampak pada semakin majunya sistem pengetahuan suatu masyarakat. Selain itu, teknologi juga berpengaruh pada sistem kekerabatan dan organisasi sosial suatu masyarakat karena adanya pergeseran norma dan nilai sosial sebagai dampak penerapan suatu teknologi. Misalnya, aktivitas makan bersama sudah jarang dilakukan oleh suatu keluarga karena setiap anggota keluarga makan sambil menonton televisi di kamar masing-masing.


Memahami keterkaitan salah satu unsur dengan unsur kultural universal yang lain sangat penting untuk memahami kebudayaan manusia secara objektif. Misalnya, mengapa masyarakat Jawa struktur bahasanya berlapis-lapis di daerah Yogyakarta dan Solo. Fenomena tersebut menunjukkan keterkaitan bahasa dengan stratifikasi sosial, sistem norma, dan nilai suatu masyarakat.

Prinsip Holistik dalam Memahami Unsur-Unsur Kultural Universal Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar