Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Rabu, 03 Agustus 2016

Pengertian Inovasi, Discovery dan Invention Kebudayaan Menurut Ahli Koentjaraningrat

Pengertian Inovasi, Discovery dan Invention - adalah istilah-istilah yang berkaitan dengan penemuan teknologi baru. Inovasi adalah suatu proses pembaruan penggunaan sumber-sumber alam, energi, modal, pengaturan, tenaga kerja, teknologi, sistem produksi, maupun produk baru melalui proses discovery dan invention. Discovery adalah suatu penemuan dari suatu kebudayaan yang baru, baik yang berupa suatu alat baru maupun ide yang diciptakan individu atau kelompok dalam suatu masyarakat. Invention (invensi) adalah apabila suatu discovery dapat diterima, diakui, dan diterapkan oleh masyarakat secara luas.


Menurut Koentjaraningrat, ada tiga faktor yang mendorong seseorang mengembangkan penemuan baru, antara lain
  1. kesadaran para anggota masyarakat akan kekurangan dalam unsur kebudayaannya;
  2. mutu dari keahlian kebudayaan;
  3. sistem perangsang bagi aktivitas mencipta atau menemukan dalam masyarakat.


Contoh perkembangan penemuan baru dalam masyarakat adalah perkembangan teknologi telepon seluler atau handphone. Teknologi telepon mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada awalnya telepon selluer hanya digunakan sebagai pesawat telepon portabel yang mudah penggunaannya. Penemuan teknologi telepon seluler merupakan perkembangan teknologi yang akan selalu mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Perkembangan teknologi telepon di Indonesia pada tahun 1990-an tidak bisa dilepaskan dari penggunaan telepon seluler (handphone). Telepon seluler adalah telepon genggam yang mudah dibawa (portabel) dan bisa digunakan untuk melakukan pembicaraan telepon tanpa terbatas ruang dan waktu. Selain itu, telepon seluler juga dapat digunakan untuk mengirimkan pesan singkat atau SMS(short messaging service) berisi tulisan, gambar, atau video. Pada awalnya berbagai jenis telepon seluler yang dipasarkan di Indonesia hanya bisa digunakan untuk melakukan pembicaraan melalui telepon dengan sistem AMPS (advance mobile phone system). Namun, sistem AMPS mempunyai kelemahan, yaitu tidak mampu menjangkau daerah yang terpencil sehingga mendorong diterapkannya teknologi HP yang menggunakan sistem GSM (global stationary mobile) Dengan ditemukannya teknologi telepon seluler berbasis GSM, banyak daerah terpencil di Indonesia bisa menikmati fasilitas telepon seluler karena didirikannya berbagai stasiun pemancar sinyal  telepon seluler yang disebut BTS (base tranceiver station) yangdidirikan oleh perusahaan operator telepon seluler.

Selanjutnya, teknologi dan fasilitas telepon seluler telah mengalami perkembangan yang sangat pesat berkat adanya penemuan teknologi canggih yang dilakukan oleh berbagai perusahaan pembuat telepon seluler. Pada saat ini, selain untuk melakukan pembicaraan telepon, telepon genggam generasi terbaru juga bisa digunakan sebagai radio, pemutar lagu, kamera, kamera video, dan televisi.

Suatu discovery bisa menjadi invensi apabila masyarakat sudah meyakini, menerima, dan menerapkan suatu penemuan baru. Contohnya adalah penemuan pesawat terbang merupakan rangkaian penemuan sejak ditemukannya pesawat terbang bermesin oleh Wright Bersaudara pada tahun 1903.

Pada saat suatu penemuan pesawat terbang menjadi invensi pada tahun 1903, proses penemuan belum selesai. Pesawat terbang belum inovatif karena belum merupakan satu-satunya kebutuhan masyarakat. Masih diperlukan jaringan bandar udara, pabrik pesawat terbang, penerbang, dan sekolah penerbangan. Selain itu, pesawat terbang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, yaitu sebagai alat angkutan orang dan barang (pesawat penumpang) dan sebagai alat untuk berperang (pesawat tempur). Seluruh proses penyesuaian pesawat terbang dengan keperluan masyarakat atau sebaliknya dinamakan proses inovasi.

Pengertian Inovasi, Discovery dan Invention
Gambar Penemuan pesawat terbang oleh Wright  bersaudara

Pengertian Inovasi, Discovery dan Invention Kebudayaan Menurut Ahli Koentjaraningrat Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar