Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Rabu, 03 Agustus 2016

Pengertian Difusi Kebudayaan Definisi dan Penyebaran dan Contohnya

Pengertian Difusi adalah merupakan penyebaran unsur-unsur kebudayaan yang terjadi melalui pertemuan-pertemuan antara individu-individu dalamsuatu kelompok dengan individu dalam kelompok lainnya. Ada tiga cara penyebaran kebudayaan ini, yaitu simbiotik, penetration pacifique, dan penetration violence.


a. Simbiotik
Simbiotik adalah hubungan antarkelompok yang tidak memengaruhi bentuk kebudayaan masing-masing kelompok. Misalnya, hubungan antara suku-suku peladang Kongo, Togo, dan Kamerun dengan suku peladang suku bangsa negrito dalam berdagang.

b. Penetrasi Pasifik
Suatu unsur kebudayaan asing dengan tidak disengaja masuk ke dalam kebudayaan penerima tanpa melalui paksaan atau dilakukan dengan cara damai disebut penetrasi pasifik. Hal itu disebabkan kebudayaan pendatang dianggap lebih baik, lebih tinggi, dan lebih sempurna sehingga pengaruh tersebut secara perlahan-lahan mendapat dukungan dari masyarakat penerima kebudayaan tersebut.

Jika dalam masyarakat penerima tidak terjadi kegoncangan kebudayaan sebagai akibat masuknya kebudayaan luar, kebudayaan luar akan bersatu dengan kebudayaan masyarakat penerima sehingga keduanya saling bersatu secara terpadu. Misalnya, masuknya kebudayaan Hindu–Buddha dan Islam ke Indonesia. Masyarakat Indonesia dapat menerima kebudayaan tersebut tanpa paksaan, bahkan bersedia meniru serta menyesuaikan dirinya dengan kebudayaan tersebut.

Pengertian Difusi Kebudayaan

c. Penetrasi Violente
Masuknya kebudayaan melalui cara paksaan disebutpenetrasi violente. Misalnya, adanya peperangan atau penjajahan yang dapat merusak kebudayaan penerima dan dapat menimbulkan kegoncangan pada masyarakat yang dijajah. Akibatnya, unsur kebudayaan penerima menjadi hilang.

Pengertian Difusi Kebudayaan Definisi dan Penyebaran dan Contohnya Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar