Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Rabu, 03 Agustus 2016

Pengertian Asimilasi Kebudayaan Definisi Menurut Para Ahli

Pengertian Asimilasi Menurut Soerjono Soekanto, asimilasi merupakan proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan perbedaan yang terdapat antarindividu atau kelompok-kelompok masyarakat yang meliputi usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan perilaku, sikap, dan proses mental dengan memperhatikan tujuan dan kepentingan bersama. Artinya, apabila individu melakukan asimilasi ke dalam suatu kelompok manusia atau masyarakat maka tidak lagi membedakan dirinya dengan kelompok tersebut. Secara singkat proses asimilasi adalah peleburan dua kebudayaan menjadi satu kebudayaan. Tetapi hal ini tidak semudah yang dibayangkan karena banyak faktor yang memengaruhi suatu budaya itu dapat melebur menjadi satu kebudayaan. Adapun faktorfaktor yang mempermudah terjadinya asimilasi, antara lain


Proses asimilasi bisa berlangsung apabila ada faktor-faktor yang mendorong terjadinya proses tersebut. Misalnya, adanya toleransi dan simpati antara kelompok masyarakat. Beberapa faktor yang mendorong terjadinya asimilasi, antara lain sebagai berikut.
  1. Adanya perbedaan di antara masing-masing pendukung kebudayaan sehingga kedua pihak yang terlibat dalam interaksi tersebut mempunyai kepentingan saling melengkapi unsur kebudayaan masing-masing.
  2. Adanya sikap menghargai budaya dan orang asing serta mau mengakui kelebihan dan kekurangan unsur kebudayaan masingmasing dalam proses interaksi sosial.
  3. Sikap keterbukaan pihak yang berkuasa untuk memberikan akses yang seluas-luasnya dalam bidang pelayanan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan rakyat bagi kelompok masyarakat pendatang atau minoritas.
  4. Adanya perkawinan campuran antara masyarakat setempat dengan masyarakat pendatang atau asing. Perkawinan campuran dapat terjadi di antara dua kebudayaan yang berbeda. Misalnya, perkawinan antaretnik atau antarbangsa.
  5. Adanya persamaan unsur-unsur kebudayaan dalam kelompok masyarakat asing dan penduduk setempat sehingga menyebabkan warga masyarakat kedua kelompok tersebut merasa lebih dekat satu sama lain.


Adapun faktor-faktor yang menghambat terjadinya asimilasi, antara lain sebagai berikut.
  1. Tidak adanya sikap toleransi dan simpati antara masyarakat asing dan penduduk setempat karena kurangnya pemahaman terhadap kebudayaan kelompok lain.
  2. Perasaan superioritas (lebih unggul) dari individu-individu dari suatu kelompok masyarakat terhadap kelompok masyarakat lainnya. Misalnya, terhambatnya proses integrasi sosial antara pihak penjajah Belanda dan rakyat Indonesia pada masa penjajahan karena pihak penjajah Belanda merasa mampu menguasai dan mengalahkan rakyat Indonesia.
  3. Terisolasinya suatu kelompok masyarakat sehingga menghambat terjadinya interaksi sosial budaya dengan kelompok masyarakat lainnya. Kelompok masyarakat yang terisolir akan mengembangkan pemahaman yang berbeda terhadap kebudayaan kelompok masyarakat luar yang dianggap asing.
  4. Adanya ingroup feeling atau perasaan yang kuat bahwa individu terikat pada kelompok sosial atau suatu kebudayaan kelompok tertentu. Misalnya, sulitnya terjadi asimilasi antara warga keturunan Tionghoa dengan penduduk setempat karena warga Tionghoa merasa sangat terikat pada budaya dan ikatan sosial sesama warga Tionghoa di Indonesia.
  5. Rasa takut terhadap kebudayaan kelompok masyarakat lain yang dianggap dapat merusak dan mengurangi kemurnian budaya masyarakat setempat. Sikap ini timbul di dalam kelompok masyarakat pedalaman yang berusaha untuk menutup kontak sosial dengan kelompok masyarakat lain. Misalnya, upaya pembatasan kontak sosial yang dilakukan kelompok masyarakat Baduy terhadap kelompok masyarakat lainnya.

Pengertian Asimilasi Kebudayaan

Proses asimilasi mengenal adanya beberapa fase, antara lain
sebagai berikut.
  1. Reaksi, yaitu timbulnya gerakan atau perasaan penolakan terhadap asimilasi dengan penekanan pada faktor psikologis.
  2. Acceptance, yaitu asimilasi yang berhasil dari pola tingkah laku dan nilai dari suatu kebudayaan baru oleh individu atau kelompok.
  3. Adaptasi, yaitu kombinasi dari sifat atau perangai asli dan asing, baik di dalam keseluruhan harmonis maupun dengan tetap mengingat berbagai sikap yang berbeda.


Pengertian Asimilasi Kebudayaan Definisi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar