Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Selasa, 01 April 2014

Cara Menerapkan Perilaku Hidup Sehat

Cara Menerapkan Perilaku Hidup Sehat - Dalam menjalani hidup sehari-hari, sebaiknya kita selalu mengedepankan kesehatan jasmani. Begitu pentingnya kesehatan sehingga ada orang yang rela membayar milyaran rupiah untuk kesehatan dirinya di saat sedang sakit. Untuk itu, agar hidup selalu sehat, Anda harus menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa pola hidup sehat yang harus dilakukan.

1.   Tidak Merokok
Jangan malu jika Anda tidak merokok lantas dicap tidak maco oleh teman-teman. Justru sebaliknya, jika kamu merokok, malah akan menimbulkan risiko yang buruk. Di samping harus mengeluarkan biaya untuk membeli rokok, kamu akan menanggung akibatnya di kemudian hari. Sudah jelas bahwa merokok dapat merugikan kesehatan.

Baca: Memanfaatkan Waktu Luang dengan Berolahraga

2.   Tidak Melakukan Hubungan Seks Bebas 
Seks merupakan kebutuhan biologis makhluk hidup. Seks tidak dilarang asalkan dilakukan setelah menikah. Melakukan seks bebas memiliki bahaya yang sangat dahsyat. 

Dampak dari melakukan seks bebas adalah sebagai berikut.

  • Berdosa besar kepada Tuhan
  • Hamil di luar nikah dan pihak laki-laki lari dari tanggung jawab
  • Terkena penyakit menular seperti AIDS yang belum ada obatnya
  • Dikucilkan dari pergaulan dan masyarakat

Gambar: Rokok tidak baik bagi kesehatan

3.   Mengonsumsi Makanan yang Sehat
Makanan yang enak belum tentu menyehatkan. Banyak makanan serta minuman yang berbahaya dan tidak sehat apabila dikonsumsi. Contohnya, penggunaan boraks dan formalin sebagai pengawet makanan dan minuman yang seharusnya digunakan untuk mengawetkan mayat.

Baca: Keterampilan Penyelamatan dalam Penjelajahan Berkemah

Janganlah jajan sembarangan. Usahakan membeli makanan di tempat yang terjamin kesehatannya. Jangan mudah tergoda dengan iklan di televisi, radio, surat kabar, majalah, dan lain sebagainya. Makanlah makanan dan minuman yang bergizi yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, aktivitas, serta usia Anda. 

Gambar: Makanan sehat

Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang adalah kebiasaan yang baik. Jangan pernah lupa dengan pedoman empat sehat lima sempurna.  Makan dengan asupan gizi seimbang merupakan modal hidup sehat yang sangat berharga.

4.   Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Kebersihan diri sendiri perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik. Jagalah kerapian dan kebersihan badan, seperti kebersihan rambut, kuku, wajah, mata, telinga, kulit, mulut, gigi, dan tangan. Hindari bertukar peralatan mandi, rias, kesehatan, pakaian pribadi dengan orang lain karena mungkin dapat menularkan penyakit yang berbahaya.
Jaga kebersihan lingkungan dari sampah dan gangguan penyakit lingkungan karena lingkungan dapat memengaruhi kesehatan tubuh Anda. Sampah yang menumpuk dan membusuk mengeluarkan bau yang tidak sedap dan merupakan sumber penyakit. 

5.   Berolahraga dan Memeriksa Kesehatan secara Berkala
Berolahraga secara teratur dapat memacu kerja jantung, pernapasan, dan peredaran darah menjadi lebih baik. Biasakan berolahraga setiap hari dengan melakukan kegiatan yang ringan seperti berjalan kaki,  senam,  fitnes, joging, bersepeda, atau melakukan olahraga penuh seperti permainan badminton, sepak bola, lari maraton, tenis, dan bola basket.

Selain berolahraga, periksakan kesehatan secara berkala ke dokter. Dengan demikian, jika ada penyakit atau kelainan, dapat terdeteksi lebih cepat sehingga pengobatan pun tidak akan memakan banyak biaya, waktu, dan tenaga.

Gambar: Memeriksakan diri ke dokter sebaiknya dilakukan secara rutin

Baca: Cara Melakukan Penyelamatan Kecelakaan di Air

6.   Menghindari Stres
Stres atau frustasi dapat menurunkan kualitas mental dan fisik. Hindari stres dengan cara mendengarkan musik, bermain video game, berolahraga, curhat, atau berjalan-jalan ke objek wisata. Intinya, jalani hidup dengan santai. Jika ada masalah, segera selesaikan agar tidak berlarut-larut sehingga dapat memicu timbulnya stres. Usahakan istirahat yang cukup dan perbanyak berdoa kepada Tuhan. 

Cara Menerapkan Perilaku Hidup Sehat Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar