Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Jumat, 28 Maret 2014

Teknik Dasar Tenis Meja Servis Chop Push Block Pingpong

Teknik dasar tenis meja secara umum meliputi jenis-jenis pukulan, antara lain servis, drive, chop, push, dan block.


1.  Servis
Sebelum pertandingan dimulai, bola harus dipukul pertama kali dengan cara memantulkannya ke meja  servis dan memukulnya. Pukulan ini disebut  servis. Pukulan servis harus bisa melewati jaring. Servis harus dimulai dengan bola diam bebas dalam telapak tangan terbuka dari tangan bebas yang leluasa dari pemukul servis (server).

Baca: Peraturan Dasar Tenis Meja Istilah Poin dan Set Pingpong

Server kemudian melambungkan bola ke atas nyaris vertikal, tanpa memberikan putaran. Bola juga naik sekurang-kurang 16 cm setelah lepas dari telapak tangan bebas dan kemudian jatuh tanpa bersentuhan dengan sesuatu. 

2.  Drive
Teknik pukulan  drive dilakukan dengan bet menyerong ke atas dan dari bawah. Bet sikapnya menutup. Pukulan ini dapat dikendalikan dan digunakan untuk menyerang lawan. Pukulan ini dapat dilakukan dengan teknik forehand atau backhand.
Teknik Dasar Tenis Meja

Gambar: a) Servis dan b) drive dalam permainan tenis meja

3.  Chop
Gerakan pukulan ini mirip dengan gerakan menebang pohon. Gerakan ini bisa dilakukan untuk mengembalikan bola. Pukulan ini bisa dilakukan dengan teknik forehand atau backhand.

Baca: Peraturan Dasar Permainan Bola Basket dan Aturan Posisi Pemain

4.  Push
Teknik pukulan push dilakukan dengan mendorong bola dengan sikap bet terbuka. Biasanya pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan yang berasal dari teknik chop atau push itu sendiri. Pukulan ini bisa dilakukan dengan teknik forehand atau backhand.

5.  Block
Teknik ini digunakan untuk mengembalikan bola dengan sikap bet tertutup. Pukulan ini sering digunakan untuk mengembalikan bola-bola drive atau top spin
Teknik Dasar Tenis Meja

Gambar: a) Chop dan b) block dalam permainan tenis meja

Teknik Dasar Tenis Meja Servis Chop Push Block Pingpong Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar