Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Senin, 31 Maret 2014

Memanfaatkan Waktu Luang dengan Berolahraga

Dalam kegiatan sehari-hari, kadang Anda disibukkan dengan berbagai aktivitas pekerjaan. Kesibukan tersebut membuat, Anda tidak sempat berolahraga. Padahal berolahraga sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Dengan tubuh yang sehat, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik. 


Kesibukan dalam beraktivitas memang menjadi alasan bagi sebagian orang untuk tidak berolahraga. Namun, jika memiliki waktu luang, alangkah baiknya jika diisi dengan melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan dapat disesuaikan dengan hobi. Misalnya, berenang, joging, bersepeda, jalan sehat, atau olahraga jenis permainan. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang.

1.  Jalan Sehat
Olahraga ini sangat mudah dilakukan. Selain murah, jalan sehat efektif untuk semua usia. Jalan sehat sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki berat badan berlebih. Olahraga ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan melakukan jalan sehat secara rutin antara 4–5 kali dalam seminggu selama 30–60 menit dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jika diimbangi dengan pola makan yang baik dan sehat, jalan sehat dapat menurunkan berat badan dengan baik.

Baca: Cara Melakukan Penyelamatan Kecelakaan di Air

2.  Joging
Sama halnya dengan jalan sehat, joging juga termasuk jenis olahraga yang murah meriah. Melakukan joging secara teratur memberikan manfaat bagus untuk kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Joging juga memberikan kesenangan secara fisik dan mental. Joging memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan secara keseluruhan. Manfaat dari joging antara lain sebagai berikut.
  • Membuat jantung kuat serta memperlancar peredaran darah dan pernapasan. 
  • Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan.
  • Menetralkan depresi.
  • Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif.
  • Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan.
  • Meningkatkan selera makan.

Memanfaatkan Waktu Luang dengan Berolahraga

Gambar: Joging

  • Joging mengencangkan otot kaki, paha, dan punggung. 
  • Membuat tidur lebih nyenyak.


3.  Bersepeda
Bersepeda juga merupakan salah satu pilihan jenis olahraga yang dapat dilakukan dalam mengisi waktu luang. Jika Anda senang olahraga dengan bersepeda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

Baca: Keterampilan Penyelamatan dalam Penjelajahan Berkemah

a.   Bersepeda dengan Aman di Jalan Raya
Sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana caranya bersepeda dengan aman di jalan raya. Usahakan tetap berada di jalur sebelah kiri. Namun, jangan terlalu ke pinggir, sebab biasanya pecahan kaca dan benda-benda tajam penyebab ban bocor berada di situ. Bersepedalah dengan jarak 2–3 kaki dari pinggir aspal. Beri ruang pada kendaraan lain untuk lewat tanpa mengganggu jalur yang sedang dilalui. Gunakan isyarat tangan sebelum berbelok dan pastikan memasang  sejumlah reflektor jika bersepeda dalam kondisi gelap.

b.   Gunakan Helm
Jika Anda ingin lebih aman bersepeda, selalu gunakan helm sepeda. Cedera di bagian tubuh lainnya masih bisa diobati dan pulih kembali, sedangkan sel otak yang cedera sangat sulit terdeteksi dan sukar disembuhkan. Segeralah kunjungi toko sepeda dan pilih salah satu helm yang memiliki standar keamanan. Pilihlah yang benar-benar terasa pas dengan ukuran kepala Anda dan sesuaikan tali pengikatnya agar helm tak mudah lepas. Jangan sampai kendur atau sebaliknya terlalu kencang.

Gambar: Bersepeda menggungkan helm demi keamanan

c.   Gunakan Shifter
Banyak orang yang gemar bersepeda menggunakan gear tertinggi sepanjang waktu. Maksudnya ingin memperoleh kecepatan semaksimal mungkin. Akibatnya, mereka mengayuh dengan keras dan cepat lelah. Cara demikian tidak saja menyebabkan kaki pegal-pegal, tetapi juga dapat merusak otot dan persendian. 

Padahal cara bersepeda yang efisien justru mengusahakan kayuhan (cadence) berada di kisaran 80–100 putaran per menit (RPM). Pakailah shifter guna memelihara kayuhan tergantung kondisi jalan yang dihadapi. Turunkan gear jika menghadapi jalan menanjak. Jangan merasa enggan untuk mengoper shifter sesering mungkin, demi kenyamanan kaki Anda saat mengayuh pedal. Lebih baik bersepeda dengan aman dan nyaman daripada semata-mata mengejar kecepatan.

Bersepeda merupakan cara terbaik untuk memperoleh kesehatan. Jika sudah lama tidak berolahraga, mulailah dengan perlahan agar tubuh mengalami rekondisi. Bersepedalah dengan jarak yang pendek pada tahap permulaan (kurang dari sejam) dan usahakan secara berkala (4-5 kali dalam seminggu). Pada masa ini, tubuh akan mengalami penyesuaian. Guna menghindari cedera, jangan bersepeda terlalu berat atau dalam jarak yang jauh. Setelah seminggu atau dua minggu berikutnya, kondisi tubuh sudah siap untuk menambah jarak dan waktu bersepeda lebih panjang. Jika memungkinkan, ikutlah bergabung dengan klub sepeda setempat.

4.  Olahraga Renang
Berenang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan berenang, seluruh tubuh bergerak dan melibatkan  otot-otot besar seperti  otot perut, otot lengan, pinggul, pantat dan paha. Berenang yang memenuhi syarat kesehatan dan keamanan, termasuk sebagai olahraga aerobik yang akan membuat paru-paru sehat dan melenturkan sendi terutama di bagian leher, bahu, dan pinggul. 

Renang juga baik bagi orang yang kelebihan berat badan, hamil, lanjut usia, atau penderita arthritis. Ketika berenang, seluruh berat badan ditahan air atau mengapung sehingga sendi-sendi tubuh tidak terlalu berat menopang badan. Dengan  renang, tubuh akan terlatih menggunakan pernapasan secara efisien. Tubuh akan membakar sekurang-kurangnya 275 kalori perjam, setara dengan bersepeda dan jalan cepat. 

Gambar: Renang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan

Baca: Kombinasi Renang  Gaya Dada Bebas Pungung Kupu Kupu

Agar olahraga berenang memberikan manfaat yang maksimal, dianjurkan dilakukan dengan bantuan instruktur renang yang berpengalaman. Bahkan, lebih baik lagi jika berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter. Perhatikan juga kualitas air, seperti kejernihan, derajat keasaman (pH) bahkan polusi, yang mungkin dapat mengganggu kesehatan.

Mulailah dengan melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu, agar tubuh siap untuk bergerak. Pemanasan akan membuat suhu tubuh dan detak jantung meningkat perlahan-lahan. Lakukan pemanasan dengan berjalan-jalan sekitar kolam renang selama 10 menit, lalu regangkan sedikitnya 15 kali hitungan setiap otot. Peregangan merupakan salah satu upaya menghindari kram.

Lakukan pemanasan dan peregangan selama 5–10 menit, lalu teruskan dengan berenang selama 20–40 menit tanpa henti. Jika memulai berenang sebagai program kebugaran, lakukanlah secara bertahap. Jangan langsung berenang selama 30 menit tanpa jeda. Mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama 30 detik. Setelah beberapa minggu, latihan dapat ditingkatkan. Sebaiknya, berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih. Kemudian akhiri dengan pendinginan, yaitu renang perlahan-lahan selama 5 menit. 

Berenang selama 3–5 kali seminggu memberikan manfaat olahraga aerobik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Buatlah acara renang untuk bersenang-senang misalnya dengan bergabung dengan klub penggemar renang untuk memperoleh variasi latihan.

5.  Olahraga Permainan
Selain olahraga yang telah disebutkan, ada berbagai jenis olahraga permainan yang dapat dilakukan, di antaranya permainan tenis meja, badminton, bola voli, basket, sepak bola, atau futsal. Dengan melakukan olahraga permainan, di samping memberikan manfaat bagi kesehatan, juga dapat mempererat hubungan sosial.

Memanfaatkan Waktu Luang dengan Berolahraga Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar