Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Jumat, 21 Maret 2014

Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani

Berdasarkan pengamatan terhadap jenis gerakannya, terlihat bahwa pada latihan  kelincahan dibutuhkan pula  kecepatan sekaligus  kekuatan. Kedua kemampuan   tersebut berpadu untuk suatu gerakan berubah arah dalam waktu yang singkat.


Pengertian Kekuatan adalah kemampuan menegangkan otot untuk menghadapi suatu tahanan. Berikut adalah manfaat jika seseorang memiliki kekuatan otot yang baik. 
  • Meningkatkan daya penggerak pada setiap aktivitas
  • Mencegah kemungkinan cedera
  • Menunjang efisiensi kerja
  • Memperkuat stabilitas persendian

Baca: Latihan Kelincahan Dalam Kebugaran Jasmani Lari, Zigzag, Lompat

Latihan  kekuatan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan beban. Beberapa ahli olahraga merekomendasikan bahwa usia 14 tahun ke atas sudah dapat melakukan  latihan beban, tentunya dengan sistematis, terprogram, dan harus didampingi oleh instruktur ahli. Oleh karena latihan menggunakan barbel atau mesin latihan beban yang dilakukan di fitness center memerlukan biaya yang relatif mahal, beberapa masyarakat sering melakukan latihan kekuatan dengan menggunakan beban yang terbuat dari semen. Pada dasarnya cara tersebut cukup baik, hanya beban tersebut bersifat permanen, artinya bebannya tidak bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Untuk latihan ini dapat digunakan barbel atau beban berisi. Berat beban dapat disesuaikan dengan kemampuan atau kekuatan otot yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa latihan kekuatan otot dengan menggunakan alat sederhana.

1.    Mengangkat Beban dengan Dua Lengan 
Pada saat beban diangkat ke atas, terjadi kontraksi konsentrik pada otot lengan. Otot menjadi memendek karena di dalam otot ada tegangan. Tegangan inilah yang menyebabkan otot menjadi kuat.
Latihan Kekuatan

Gambar: Mengangkat beban dengan dua lengan 

Baca: Latihan Senam Taebo Teknik Cara

2.    Mengangkat Beban dengan Satu Lengan 
Ketika beban diturunkan, terjadilah kontraksi eksentrik. Kontraksi eksentrik terjadi jika  otot memanjang dan berada dalam tegangan. Pada saat beban diturunkan, otot bisep mengalami kontraksi, yaitu menjadi lebih panjang karena menahan beban.
Latihan Kekuatan

Gambar:Mengangkat beban dengan satu lengan 

Selain itu, latihan  kekuatan dapat dilakukan dengan hanya mengangkat tubuh sendiri, di antaranya latihan pull up, push up, sit up, back up, squat jump, dan squat thurs. Agar dapat meningkatkan kekuatan, gerakan tersebut harus dilakukan secara cepat dan pengulangannya pun harus banyak. 

Latihan Kekuatan Kebugaran Jasmani Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar