Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Minggu, 25 Agustus 2013

Pengertian Manajemen Istilah Definisi Manajemen di Indonesia Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Istilah Definisi Manajemen di Indonesia - Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris “management” yang diambil dari kata manage. Sebenarnya kata manage, berasal dari bahasa Italia yaitu kata managgio. Kata managgio pun berasal dari bahasa latin “mannaggiare”   yang diambil dari kata manus yang berarti  hand  atau  tangan.  Sehingga secara etimologi (segibahasanya) kata “manage” diartikan sebagai:
a) House Keeping yang berarti rumah tangga.
b) To train a horse yang berarti melatih kuda dengan menghentak-hentakkan kakinya.
c) To direct and control yang berarti memimpin dan mengawasi.

Berdasarkan uraian di atas, istilah manajement diartikan sebagai the act or art of managing conduct, direction and control  (sebagai tindakan atau seni pengurusan, pengaturan, pengarahan, dan pengawasan).
Istilah-Istilah Manajemen di Indonesia
Sampai saat ini belum ada keseragaman penulis istilah man- agement ke dalam bahasa Indonesia. Di antaranya ada yang menulis menejemen, ada pula yang menulis management  dan sebagian lagi lebih suka dengan istilah manajemen. Istilah yang terakhir ini dipakai dalam buku ini, dengan pertimbangan istilah tersebut sudah umum digunakan dan sesuai dengan ucapan dalam bahasa Indonesia.

Meskipun demikian, pada beberapa lembaga ditemukan sejumlah istilah yang pada dasarnya mempunyai maksud dan pengertian yang sama dengan istilah management, yaitu pada:

  • a) Lembaga Administrasi Negara (LAN) menggunakan istilah Kepemimpinan.
  • b) Universitas Indonesia (UI) menggunakan istilah Ketatalaksanaan.
  • c) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menggunakan istilah Pengurusan.
  • d) Lingkungan Militer Angkatan Darat menggunakan istilah Pembinaan.
  • e) Balai Pembinaan Administrasi (Universitas Gajah Mada Yogyakarta) menggunakan istilah manajemen.
  • f) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) seringkali menggunakan istilah Pengelolaan.
  • g) Komisi istilah bahasa menganjurkan istilah management.
  • h) Dr. Winardi, S.E. menyesuaikan ucapan bahasa Indonesia dengan istilah manajemen.
Pengertian Manajemen
Dijelaskan bahwa manajemen merupakan inti dari administrasi. Administrasi merupakan proses penyelenggaraan dan pengendalian dari suatu badan usaha secara keseluruhan, sedangkan manajemen merupakn proses penggerakan dan pengawasan unsur manusianya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan beberapa definisi manajemen yang dikemukakan oleh beberapa sarjana dari Indonesia dan sarjana barat sebagai bahan perbadingan.

1. Definisi manajemen dari beberapa sarjana Indonesia.
a) Sukamto Reksohadiprodjo, M. COM.
Manajemen adalah suatu usaha merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengkoordinasikan, serta mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tujuan organisasi tercapai secara efisien dan efektif.

b) Prof. Dr. Sondang P. Siagian, MPA.
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

c) Drs. Sukarno K.
Manajemen berarti proses pembimbingan dan pengawasan terhadap segala kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.

d) Prof. Dr. Mr. S. Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakan orang-orang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

e)  Drs. The Liang Gie
Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan- tindakan dalam usaha kerja sama manusia sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.

2. Definisi manajemen dari beberapa sarjana barat
a) George R. Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
b) John D. Millet
Manajemen adalah proses penyediaan fasilitas-fasilitas kerja dan pembimbingan terhadap orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai sesuatu tujuan.

c) Harold Kcontz dan Cyrill O’donnel
Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan-kegiatan dari orang lain.

Pengertian manajemen yang dikemukakan para ahli tersebut dapat dikatakan bersifat universal (umum). Dalam arti bahwa, manajemen dapat ditetapkan dalam berbagai bidang usaha manusia, baik dalam pabrik, sekolah, bank, hotel, rumah sakit, kantor bahkan sampai kepala kehidupan rumah tangga.

Pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen merupakan proses pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain. Tujuan yang dimaksud adalah sasaran manajemen yang harus dicapai secara efektif dan efisien. Dalam mencapai tujuan, kegiatan manajemen harus dapat menyatukan pikiran, perasaan, kemauan, bahan-bahan, tenaga (orang-orang), uang, mesin dan segala fasilitas lainnya yang dibutuhkan, sehingga apa yang diharapkan dapat benar-benar tercapai dengan efektif (tepat guna)dan efisien (daya guna). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses penggerakan kerja sama dengan orang lain dan segala fasilitas yang diperlukan.

Pengertian Manajemen Istilah Definisi Manajemen di Indonesia Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar