Kajian Teori, Mata Pelajaran SD SMP SMP SMA SMK MTS dan Mata Kuliah Mahasiswa

Jumat, 16 Agustus 2013

Pengertian Globe Kedudukannya Sejarah dan Mencari Informasi Keruangan di Globe

Pengertian Globe Kedudukannya dan Mencari Informasi Keruangan di Globe - Sekarang ini, kita sering mendengar atau melihat globe di rumah-rumah, sekolah, dan perpustakaan. Ada juga yang membuatnya sebagai alat perhiasan dan gantungan kunci.

1. Pengertian dan Kegunaan Globe
Globe adalah gambaran bumi yang diperkecil dengan bentuk yang hampir mendekati keadaan bentuk bumi. Globe berbentuk bola yang dapat berputar dan menggambarkan bola bumi, bola langit, bulan, atau suatu planet di ruang angkasa. 

  • Globe dapat dimanfaatkan untuk kepentingan politik, yaitu globe yang memuat batas-batas negara dan kota-kota besar dari negara-negara di dunia. 
  • Globe dapat digunakan sebagai alat peraga di dunia pendidikan untuk mempermudah pemahaman tentang bumi dan planet di ruang angkasa. 
  • Globe juga digunakan sebagai sumber ilmu pengetahuan karena globe dapat menggambarkan iklim, vegetasi, arus laut, dan unsur-unsur geografis lainnya.
Globe dapat dibedakan berdasarkan cara globe diletakkan, yaitu globe bertiang, globe gantung, dan globe beralas. Dari ketiga jenis globe ini yang banyak digunakan adalah globe bertiang.

Info untukmu!
Globe dapat dibuat dari bahan-bahan plas t ik , kar ton, kaca, dan besi tuangan.
Macam Macam kedudukan Globe

Gambar Macam Macam kedudukan Globe

2.  Mencari Informasi Keruangan di Globe
Bentuk globe yang bulat sangat membantu kita dalam memahami bahwa bentuk bumi itu bulat. 

Pada globe terdapat dua garis saling berpotongan yang disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian). Kedua garis tersebut sangat berguna untuk menemukan letak suatu kota atau daerah di permukaan bumi. Misalnya, Kota Madrid terletak pada 40°LU. Artinya, Kota Madrid terletak pada belahan bumi bagian utara. Cari lintang 0° dan carilah garis lintang 40°. Kemudian Kota Dacca terletak 90°BT. Artinya, Kota Dacca terletak pada daerah bujur timur bola dunia. Kota itu dapat dicari pada globe di belahan bujur timur dari garis meridian yang dihitung dari garis meridian 0°. 

Cara mengetahui atau mencari informasi suatu tempat (informasi geografi) dari globe adalah mengetahui derajat garis lintang atau garis bujur. Hal yang pertama dilakukan mencari atau menemukan letak posisi lintang 0° atau garis meridian 0°.
Globe pertama kali ditemukan  oleh Crates (bangsa Yunani) pada tahun 150 Sebelum Masehi. Globe yang dibuatnya masih sederhana dan menggambarkan dunia belum sesuai dengan sekarang. Kemudian, globe yang mirip dengan keadaan dunia sebenarnya dibuat oleh Ribero (bangsa Jerman) pada tahun 1529.
Pengertian Globe

Gambar Garis Lintang dan Garis Bujur

Faktanya
Bumi kita bulat. Hal itu terbukti dari pemotretan jarak jauh melalui satelit, gerhana bulan, perjalanan mengelilingi bumi, perbedaan luas pandangan, dan pemandangan di pantai. Bentuk bumi bulat tidak  persis bulat seperti bola. Oleh karena itu, besarnya garis tengah di daerah khatulistiwa lebih besar dari garis tengah bumi yang menghubungkan dua kutub.

Walaupun bentuk bumi bulat, sumbu bumi atau poros bumi tidak berdiri tegak lurus antara kutub utara dan kutub selatan pada bidang ekliptika. Ekliptika adalah bidang lintasan bumi mengelilingi matahari dalam gerakan revolusi bumi. Ekliptika dan khatulistiwa berpotongan dengan sudut sebesar 231/20.

Baca: Manusia Purba di Indonesia Jenis Ciri Sejarah pada Zaman Praaksara dan Gambarnya

Oleh karena itu, globe yang baik selalu dibuat dengan sumbu putaran yang miring 661/20 terhadap bidang datar. Kemiringan sumbu bumi ini mempunyai pengaruh terhadap keadaan geografi di muka bumi. Pengaruh tersebut, antara lain adanya musim, daerah edar semu tahunan matahari, yaitu sampai garis lintang utara ataupun lintang selatan. Pengertian Globe Kedudukannya Sejarah dan Mencari Informasi Keruangan di Globe

Pengertian Globe Kedudukannya Sejarah dan Mencari Informasi Keruangan di Globe Rating: 4.5 Posted By: Sekolah Online

0 comments:

Poskan Komentar